Rabu, 31 Oktober 2012

PMS

Hai Ladies...
Pernah merasa tenggelam dalam kesedihan mendalam yang ga jelas asal usul musababnya? Pernah merasa tiba-tiba satu dunia seakan jadi musuh yang cuma cari ribut dan segala sesuatu yang terjadi serba salah dan
berantakkan? Dan kemudian gara2 cuma denger satu kata terima kasih saja (dari orang asing pula), mata bisa berkaca-kaca saking berasa itu satu-satunya hal baik yang bisa terjadi di dunia dalam satu hari itu.
Tapi secepat angin berlalu, rasa terharu itu berganti lagi dengan rasa tertekan dan sedih, dan tiba-tiba saja lo dah sesenggukkan kaya anak kecil yang tidak mendapatkan keinginannya. Sedih sangat tanpa tahu darimana kesedihan itu berasal. Dan kelelahan pun melanda tubuh dan jiwa. Badan rasanya mau rontok, pinggang sakit, perut ga enak. Paha dan betis berasa memadat, kencang dan tegang. Lelah. Malas. Tidak bergairah. Hidup segan, mati enggan. Teriakan hati suma satu: "Just leave me alone, world!"

Familiar dengan ini girls? Yak this is PMS. Buat yg belom tau, PMS itu Premenstrual Syndrom atau bahasa indonya Sindrom Pra Haid. PMS adalah kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi alias pelepasan sel telur dari ovarium yang kemudian berlanjut jadi siklus haid. Sindrom itu biasanya terjadi 5-11hari sebelum datang si bulan dan akan menghilang pada saat mens dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid.

PMS emang saat-saat yang paling menyebalkan buat cewe khususnya gw. Kalo lagi PMS, hormon esterogen lagi naik-naiknya dan kadang orang disekitar mengkaitkan sama efek cewek akan selalu marah, padahal emosi itu ga selalu berarti marah. Selain mempengaruhi emosi PMS juga akan mengacau kondisi tubuh. Biasanya PMS bikin badan jadi gak fit, ada yang pegel-pegel, sakit sana sini, bahkan ada juga yang demam. Nah mungkin ini juga yang bisa bikin cewek jadi cepet sebel atau marah atau uring-uringan. Di ibaratkan, udah kaya sumbu minyak, tinggal di sulut dikit pasti kebakaran. Begitu juga sama gw. Senggol bacok mod. Tapi ga semua cewek efek PMS nya segalak itu kok.

Kalo PMS gw pasti akhir bulan. Penting gitu tau masa2 PMS cewek?? Menurut gw penting. Supaya sesensitip2nya gw kala itu gw masih bisa berpikir jernih untuk ngasih tau otak gw supaya ga semuanya omongan orang diambil hati dan dijadiin alasan yang halal buat tersinggung. Supaya gw bisa bedain yang mana luka batin beneran dan yang mana karena PMS. Haah..atau memang krn gw lagi PMS, maka segala rasa sakitnya baik sakit ati dan sakit badan jadi lebih berasa to the max ya??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar