Sabtu, 10 November 2012

Jaga sehat sebelum sakit..

Hari sabtu, minggu, senin kemaren gw hebat dong ga makan2 dari
kemaren. Gw bener2 males makan, eh pas mau tidur dibawain aja gitu
bubur ayam sama si mama yang baru pulang. Dalam hati galau makan ga ya
makan ga ya? Eh makan deh gw. Sayang kan ga dimakan, 5menit lagi
dingin dan berair malah jadi ga napsu gw makannya. Hmm Padahal hampir
aja seharian gw ga makan. *program nyusutin perut*

Nah hari ini gw ga makan lagi seharian. Bukannya menyiksa badan, tapi
emang bawaannya males makan. Tapi perut sama sekali ga rewel kok, ga
MIGRAIN juga! Biasanya gw kalo belum makan kan migrain. Tadi pagi sih
tetep pup dan langsung berasa perut nyusut 20cm. Gak moongkin. Paling
susut 2cm. *ngarep banget singset*. Tapi, sesadar2nya minum gw tetep
jaga, jangan sampe tubuh kekurangan cairan, sampe berujung bikin
masalah di ginjal atau organ penting lainnya. Hiii atut. Ini udah jam
10malam, yeaaah gw ga makan nasi! Yes yes. Gw inget2 bentar ya. Hari
ini gw cuma makan biskuit doang kok 2 atau 3 biji. Hmm sama roti
2lembar tadi pagi. Eh lupa deng tadi subuh jam5 gw makan nasi uduk
*gubrak. Nasinya bungkusnya mungil banget, seribuan kali tuh harga 1
bungkusnya. Cuma dikit banget, porsi anak TK deh gw rasa. Dianggep
makan ga yah? Hmm

Sehari sebelum idul adha etek eni nginep dirumah gw buat lebaran
bareng. Etek pulang hari sabtu paginya karena jadi panitia kurban di
sekolahnya. Hari itu dengan mega masuk sekolah, papa sama fauzi pergi
buka warung juice dan gw ngelulur dan mijit2 mama dirumah. Habis
ngelulur mama, kita nonton tv, masak, trus pergi ke supermarket.
Nyampe2 dirumah, eh papa juga ikutan pulang. Katanya etek masuk RS.
Mama sama papa langsung ke TKP.

Etek masuk rumah sakit dan dirawat 5hari dan hasil diagnosanya adalah
infeksi ginjal dan saluran kencing. Gw jadi was2 juga ke diri sendiri
oi oi. Penyakit2 tersebut paling bisa menyerang kita yang sedikit
minumnya, suka nahan pipis dan kurang jaga kebersihan miss v. Coba
tebak gimana gw ga was2 hayoo? Gw kan sebisa mungkin mandi itu cuma
sekali sehari ya (loh?) dan kalo lagi 'dapet' cuek ampe penuh dulu
baru tuker baru. Makanya gw sering 'tembus' deh dari dulu. Tapi gara2
kejadian etek ini gw mau mulai aware sama kesehatan dan kebersihan
buat diri gw sendiri. Kebetulan pas banget moment nya keluar RS etek
rawat jalan di rumah gw pas sama gw lagi 'dapet'. Selama ini gw kalo
dapet selalu banjir bandang, bahkan bisa dibilang tsunami saking
banyaknya. Kabar buruknya gw yg cuek ini ganti pembalut kalo udah
penuuuh dan udah tembus dulu baru ganti baru. Jorok abiiiisss. Gw jadi
kebayang2 bakteri dan kuman2 yg berseliweran. Hii atut.

Syukur, etek cuma infeksi belum menjalar ke ginjal dan rahimnya. Saat
itu gw ganti pembalut tiap 2jam sekali, (gak akan gw biarkan bakteri
hidup dan menggerogoti gw!) Itupun always full men, juara.

Kalo soal minum sih, jangan ditanya. Gw paling juara minum banyak!
Sayangnya gw inget minum cuma pas makan doang. Kalo lagi ga makan, gw
ya ga minum2.

Waktu cerita sama aa, eh aa malah ceramahin gw. Dia bilang makanya
kalo makan-minum itu duduk. Yayaya, udah 2tahun ini sejak udah dapet
ilmunya (buset udah kayak berguru kemana aja. Ga kok, dari tempat
ngaji, ustadz nya yg ngasihtau. Ok) dia wanti2 banget gw supaya
makan-minum itu duduk, dan jangan lupa pake tangan kanan, tangan kiri
gausah ikutan -masukin makanan ke mulut-. Dulu awal2 gw sempet ngajuin
pertanyaan, 'kenapa harus duduk? Bukannya pas duduk dan berdiri perut
kita sama2 lurus? (Bahasa gw bisa dipahamin kan? Kalo ga baca ulang
lagi pertanyaannya). Dan aa malah 'udah kamu nurut aja, aa ngasitau
yang bener kok'.

Dari kejadian itu gw browsing2 sendiri kenapa kita harus makan-minum
duduk dan makan-minum pake tangan kanan. Hasilnya
ternyataaaaaaaaa..itu adalah salah satu sunnah Nabi. Ini bahas yang
minum sambil duduk dulu yah. Okee

"Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah bersabda : Jangan minum salah
seorang dari kamu sambil berdiri, maka siapa yang kelupaan hendaknya
menumpahkan apa yang
telah diminumnya itu. (HR. Muslim)"

Dan itu bukan sekedar ucapan/suruhan belaka. Belakangan diketahui itu
semua ada penjelasan medis nya. Dan udah banyak penelitian serta
artikel yang bahas ini. Berikut jawaban secara ilmiahnya ya.

Dalam sebuah kajian kesehatan akupuntur yang diadakan salah satu ahli
akupuntur, membuktikan bahwa air minum yang masuk dengan cara minum
sambil duduk lebih baik
dibandingkan kita minum dengan cara berdiri. Ini dibuktikan dari segi
kesehatan dan ilmu sains. Air yang kita minum belum 100% steril untuk
diolah oleh tubuh. Dalam tubuh manusia terdapat penyaring yang disebut
sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa
membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Saringan tersebut
dapat terbuka ketika kita duduk, dan tertutup ketika kita berdiri.
Bila kita minum air putih sambil berdiri, maka air yang kita minum itu
masuk langsung menuju kandung kemih tanpa disaring oleh sfringer.
Karena tidak melalui proses penyaringan, maka terjadi pengendapan di
saluran ureter. Endapan atau limbah-limbah yang menyisa di ureter
inilah bisa menjadi cikal bakal penyakit kristal ginjal. Subhanallah,
tiap perintah dan larangan Rasul pasti selalu ada manfaatnya bagi
umatnya.

Nah kan apabila minum sambil berdiri ini tidak kita hindari akan maka
beriap-siaplah menerima efek buruk lain pada organ ginjal anda, kita
tahu salah satu fungsinya yakni menyaring racun ke dalam tubuh. Lantas
bagaimana cara mengatasinya agar kita terhindar dari hal tersebut?
Anda harus melakukan kebiasaan berikut :

Biasakanlah selalu minum sambil duduk, ingat
jangan sambil berdiri. Biasakan dan perbanyak minum air putih sesuai
kebutuhan yang dianjurkan. Sebanyak2nya juga ga apa2, ga ada ruginya.
Pokoknya jangan sampai tubuh kita kekurangan air. Kenapa kenapa kenapa
emangnya? Cek dibawah ini

Pasti tau dong dimana2 banyak nasehat 'minum air putih 8 gelas sehari.

Ya ini memang ada hubungannya. Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri
dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air
di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80%
adalah : Otak dan Darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,
Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8
gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bagi seorang perokok. Air
sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh
kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang
terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari...? Tentu
tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya...? Dengan
jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak...? Belum
sampai segitunya (wihh...bayangkan otak kering gimana jadinya...),
melainkan dari sumber terdekat yaitu Darah. !! Darah yang disedot
airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka
perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati
ginjal (tempat menyaring racun dari darah) Ginjal akan bekerja extra
keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak
jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus
ginjal. Akibatnya, air seni berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya
saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat
harus menghabiskan
Berjuta2 rupiah seminggu untuk cuci darah. Hii serem cuma gara2 kurang
minum. Siap????

Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak kan...? Nah saat darah kental
mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi
"encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi
makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan
sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana
mestinya.. (ya wajarlah namanya juga kurang makan...) Bila ini
ditambah dengan penyakit jantung -yang juga kerjanya tambah berat bila
darah mengental- maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.
Sekarang tinggal kita pilih : melakukan "investasi" dengan minum
sedikitnya 8 gelas sehari atau "membayar bunga" lewat sakit ginjal
atau stroke.

Sekarang tentang makan, kenapa makan juga harus dalam keadaan duduk.
Ga boleh berdiri. Hmm lanjut di post berikutnya aja yah.

See you there

Tidak ada komentar:

Posting Komentar